Jakarta, Aktual.co — Dewan Kota Jakarta Utara mengharapkan wali kota baru pengganti Heru Budi Hartono yang kini menjabat Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Provinsi DKI Jakarta segera ditetapkan secara definitif.

“Harapannya seperti itu segera ditetapkan dan secepatnya dilantik. Tapi, jabatan wali kota di Jakarta sudah ada mekanismenya,” kata anggota Dewan Kota Jakarta Utara Amudin di Jakarta, Jumat.

Jabatan orang nomor satu di sebuah kota/kabupaten di Jakarta berbeda dengan mayoritas daerah lain di Indonesia yang dipilih melalui pemilihan kepala daerah setempat.

Sedangkan di DKI Jakarta, lima kota masing-masing Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, serta satu Kabupaten Kepulauan Seribu, pemimpinnya ditentukan oleh gubernur dan berstatus sebagai pegawai negeri sipil (PNS).

Menurut Amudin, siapapun nantinya yang menjabat sebagai wali kota Jakarta Utara, pihaknya menerima dan menyerahkan sepenuhnya kepada Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama sebagai pemilik kebijakan.

Pihaknya berharap wali kota baru nantinya bisa bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan setempat dan lebih dekat dengan masyarakat Jakarta Utara.

“Tentunya Pak Ahok sudah memiliki kriteria tepat dalam menentukannya,” katanya.

Sementara itu, meski terjadi kekosongan kepemimpinan selama sepekan ini, pihaknya menerima laporan dan memastikan proses pelayanan di pemerintah kota tidak ada kendala.

“Semua berjalan normal dan tidak terpengaruh. Wakil Wali Kota Tri Kurniadi saat ini yang mengendalikan,” katanya.

Kepala Humas Pemkot Jakarta Utara Rachmat Mulyadi mengaku belum mengetahui dan mendapatkan informasi tentang pejabat pengganti Heru Budi Hartono.

Pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada gubernur dan optimistis wali kota baru nantinya bisa memimpin serta bekerja lebih maksimal memajukan wilayah.

Hingga batas waktu yang belum ditentukan, proses kepemimpinan di lingkungan kerja Jakarta Utara dikendalikan oleh Wakil Wali Kota Tri Kurniadi dan dibantu Sekretatis Kota Junaedi.`

(Andy Abdul Hamid)