Jakarta, Aktual.com РHarga daging sapi di Peternakan sapi PT Tanjung Unggul Mandiri, Tangerang, Banten mendadak turun. Turunnya harga bukan tanpa sebab.

Tapi terjadi setelah Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melakukan inspeksi mendadak ke sana.

Dari keterangan yang diterima, Amran datang bersama Gubernur Banten Rano Karno, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, dan Kapolda Banten Brigjen (Pol) Boy Rafli.

Di sana, mereka mengecek ketersediaan sapi hidup, untuk mencoba menurunkan harga daging sapi yang saat ini tengah melonjak di pasaran.

Kata Amran, saat menyambangi peternakan PT TUM, harga daging sapi sudah turun. “Dari Rp45 ribu per kilogram per berat hidup sapi menjadi Rp42 ribu per kg per berat hidup sapi,” tutur Amran, Kamis (13/8).

Sempat terjadi ‘tawar-menawar’ harga. Yakni antara Amran dengan Direktur Utama PT Tanjung Unggul Mandiri (TUM) Wilson Hasan. Amran bertanya, apa harga daging sapi bisa turun hingga di bawah Rp40 ribu per kilogram per berat hidup sapi.

Wilson menjawab akan coba mengusahakan. Meski dia berharap harga tetap di atas Rp40 ribu. Harga kesepakatan akhirnya tercapai, yakni Rp38 ribu per kilogram per berat sapi hidup.

Namun belum diketahui dampak dari kesepakatan itu apakah akan segera terasa di harga daging sapi yang dijual di pasar-pasar.

Artikel ini ditulis oleh: