NTT, aktual.com – Hingga saat ini sudah 3.138 orang warga Nagekeo yang telah menerima suntik vaksin Covid-19, buatan Sinovac dan asrazeneka. Mereka adalah tenaga kesehatan (Nakes), Pelayanan Publik dan Lansia.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nagekeo melalui Kabid P2P Hermelinda Rangga, dalam sambungan telepon pada, Sabtu (15/5) pagi.

Hermelinda mengatakan bahwa berdasarkan target Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) untuk Kabupaten Nagekeo, yakni tenaga kesehatan 863 orang, pelayanan publik 11.224 orang, dan lansia 12.765 orang.

Sementara untuk masyarakat umum kata Hermelinda target KPC PEN belum ada. Dijelaskan bahwa untuk kabupaten Nagekeo ada dua jenis vaksin yang diterima yakni, sinovac dan asrazeneka.

“Kalau untuk sinovac 6.340 dosis, kalau asrazeneka 150 dosis. Untuk dosis vaksin yang sudah terpakai 5.140 sampai tanggal jumat 7 Mei 2021. Sisa tinggal 1.200 dosis vaksin untuk sinovac. Kalau asrazeneka yang sudah terpakai 40 dosis sisa 110 dosis. kalau untuk azrazeneka di peruntungkan untuk TNI Polri. Dan Saat ini sedang dilaksanakan vaksin dosis kedua untuk pelayanan Publik dan lansia,” ujarnya.

Sementara untuk Pelayanan publik data hingga per tanggal 7 Mei yang mendapatkan dosis pertama 1.737 dan terima dosis kedua 1.022 orang. Sedangkan untuk lansia 415 orang, yakni dosis pertama 413 orang dosis kedua baru 2 orang.

Sebagaimana diketahui, prosedur pertama vaksinasi Covid-19 adalah pengecekan kesehatan. Pengecekan dilakukan karena itu akan menentukan secara fisik fit atau tidak dilakukan penyuntikan vaksin. Penyuntikan vaksin tidak bisa dilakukan kalau kondisi kesehatan penerima tidak memungkingkan.

Ditanya apa ada kendala saat melakukan vaksin itu, ia mengatakan bahwa hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan kendala apapun dan berjalan baik.

(Muhammad Yasin)