Dirjen Minerba, Ridwan Djamaluddin

Jakarta, Aktual.com – Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ridwan Jamaludin mengatakan sudah ada 3.268 izin usaha diterima saat Konferensi Pers Virtual terkait Capaian Kinerja Triwulan III Tahun 2021 pada Selasa (26/10).

Ridwan mengatakan dari 11.843 permohonan izin usaha yang sudah diproses, ada 3.268 yang telah disetujui, 900 permintaan dikembalikan, dan 7.008 permohonan ditolak berdasarkan data 22 Oktober. Kini tinggal tersisa 667 permohonan yang akan diproses.

“Ketika kami melihat ada 7.008 permohonan yang ditolak, kami melihat ada masalah di sini. Masalah yang pertama terkait dengan regulasi dan masalah kedua bersifat administratif.” kata Dirjen Minerba.

Permasalahan administratif yang dimaksud oleh Dirjen Minerba adalah kelengkapan dokumen untuk proses permohonan izin usaha. “Untuk sisi administratif yang menggunakan teknologi digital, tiap usaha belum tentu memahami penggunaan teknologi digital dan butuh waktu untuk penguasaan teknologi tersebut.” kata Ridwan.

Sisi positifnya menurut Dirjen Minerba adalah sebanyak 3.268 perusahaan yang telah disetujui permohonan izin usahanya telah memenuhi persyaratan administratif hingga proses kerja perusahaan tersebut telah memenuhi standar yang ditetapkan.

(Savna)

(Arie Saputra)