Jakarta, Aktual.com — Direktur Jendral (Dirjen) Minerba Kementerian ESDM Bambang Gatot menilai wajar jika pencapaian penerimaan negara dari sektor Minerba di 2015 tidak mencapai target.

Seperti diketahui, penerimaan negara tahun ini hanya bisa mencapai Rp30 triliun, sementara target yang dicanangkan adalah sebesar Rp52 triliun.

“Penerimaan negara untuk 2015 sudah jelas tidak tercapai. Kita target awal Rp30 triliun,” kata Bambang di Jakarta, Rabu (16/12).

Bambang beralasan bahwa target yang ditetapkan saat itu tidak mengacu pada perhitungan yang digunakan saat ini. Sehingga target yang ditetapkan membengkak hingga Rp52 triliun.

“Selalu saya sampaikan karena perencanaan waktu itu tidak menggunakan angka yang diberlakukan sekarang. Sehingga membengkak,” ungkap dia.

Selain itu, Bambang juga menilai target penerimaan negara untuk sektor Minerba tahun 2016 yang sudah ditetapkan Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat (Banggar DPR) sebesar Rp48 triliun, masih terlampau tinggi.

“Tapi gak apa-apa, Rp 48 Triliun itu. Pengajuan itu sudah diajukan Maret kemarin, ya itulah kondisinya. Toh masih ada APBN-P,” tutup dia.

(Eka)