Kendari, Aktual.com – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mencatat jumlah pengangguran saat ini mencapai 34.600 orang yang tersebar di seluruh wilayah provinsi. Sementara untuk jumlah penduduk yang sudah memiliki pekerjaan sebanyak 1,1 Juta dari 2,7 juta penduduk seluruhnya.

Kepala Dinas Nakertrans Sultra Saemu Alwi menjelaskan pemerintah terus berupaya untuk menurunkan jumlah pengangguran diantaranya dengan mengoptimalkan kerja sama dengan Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) serta memberikan magang kepada para pencari kerja agar memiliki pengalaman.

“Melalui program pemerintah itu kita berusaha untuk mengurangi jumlah pengangguran. Bahwa tidak semudah membalikkan telapak tangan iya, tapi upaya itu kita lakukan setiap tahun dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kualitasnya,” ujarnya, Rabu (8/5).

Saemu Alwi menambahkan, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan diantaranya dengan meningkatkan kompetensi diri, meningkatkan kualitas kerja, meningkatkan etos kerja serta menjaga etika kerja.

Persoalan sekarang ini ada pekerja muda dan tua menghadapi masalah yang sama dalam pasar tenaga kerja, yaitu tingkat pengangguran yang tinggi. Namun demikian kedua kelompok ini memiliki alasan yang berbeda. Jika pekerja muda tidak memiliki pengalaman kerja dan di bagian lain bagi pekerja tua mulai kehilangan produktivitas mereka.

(Abdul Hamid)
1
2