Jember, Aktual.com – Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Jember kini memiliki wajah dan suasana baru. Di dalam gedung pelayanan pencatatan sipil, kini ada penambahan fasilitas yakni gedung pelayanan yang baru saja diresmikan oleh Bupati Jember Hendy Siswanto.

 

“Ya Alhamdulillah, kita bisa lihat bersama pembukaan layanan baru dengan lebih prima lagi untuk masyarakat Jember di kantor Dispendukcapil ini. Karena kita lihat cukup bagus dan nyaman di dalam. Apalagi saya senang sekali, ada fasilitas khusus difabel, yang mana sampai ke dalam juga ada garis untuk difabel. Sehingga mereka bisa langsung mengurus dukcapilnya sendiri,” ujar Bupati Jember Hendy Siswanto, Kamis (18/08).

 

Menurutnya, dari layanan dengan wajah baru ini, ada empat model layanan yang sangat istimewa yang disediakan oleh Dispendukcapil Jember, yaitu daring, SIP, pelayanan tingkat  kecamatan yabg terintegrasi dan satu orang satu KTP.

 

“4 layanan ini berbasis digital dan ada juga yang langsung ke masyarakat, sehingga kolaborasi ini tentunya semua untuk masyarakat. Namun saya meminta kepada Dispendukcapil untuk segera mensosialisasikan kepada masyarakat serta jajaran kecamatan dan desa,” ungkap bupati Hendy.

 

Sementara itu, Kepala Dispendukcapil Jember, Isnaini Dwi Susanti mengatakan bahwa ruang pelayanan kini menjadi lebih luas, sehingga tertata lebih rapi dan memberikan kenyaman terhadap masyarakat yang sedang mengurus Adminduk serta tidak kepanasan lagi saat mengantre.

“Terutama untuk difabel. Mereka sekarang bisa melakukan sendiri pengurusan adminduknya dengan memanfaatkan fasilitas jalur merah itu,” ujar Shanti.

 

Selain itu, Dispendukcapil Jember dalam memberikan pelayanan juga sekaligus diawali dengan sosialiasi terlebih dahulu, baik secara langsung ataupun memanfaatkan fasilitas daring.

 

“Pelayanannya kita ajarkan mereka bagaimana caranya menggunakan layanan WhatsApp bagi masyarakat yang mempunyai smartphone. Kemudian bagi yang tidak punya smartphone, kita layani dengan J-Lahbako yang ada di beberapa desa. Sekaligus kami informasikan rentang waktu pengambilan adminduknya,” pungkasnya.

 

 

(Aminudin Azis)

(Aminuddin Aziz)