Jember, Aktual.com – Peringatan Hari jadi kebupaten Jember yang ke 94 tahun, merupakan kado spesial yang diberikan Pemkab Jember kepada Dinas Kependudukan dab Catatan Sipil. Kado spesial itu adalah penghargaan dalam Top Inovasi Terpuji Dan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik.

Hal ini merupakan keberhasilan Dispendukcapil dalam mengembangkan ide dengan menciptakan inovasi – inovasi pelayanan kepada masyarakat.

“Ini penghargaan dari bapak Bupati kepada teman – teman dispendukcapil dan masyarakat yang sudah bekerjasama atau kolaborasi dengan dispendukcapil untuk memberikan pelayanan yang diberi nama Peduli Kamu,” ujar Kepala Dinas Pencatatan dan Kependudukan Kabupaten Jember Isnaini Dwi Susanti, usai menerima penghargaan di Bandar notohadinegoro Jember. Senin (02/01).

Peduli Kamu itu sendiri merupakan suatu inovasi yang diciptakan Dispendukcapil Jember dalam memberikan pelayanan Adminduk kepada warga ODGJ dan warga yang tertimpa bencana seperti kebakaran, bencana alam. Kemudian kepada lansia serta Disabilitas dengan jemput bola.

“Kami datang kerumahnya, kita layani admindukcapilnya dan ini sebenarnya sudah kami lakukan sejak lama terkait Peduli Kamu ini dan ini bagian dari pada inovasi kami,” jelas perempuan yang biasa disapa Santi.

Sebenarnya ada 4 inovasi dari Dispendukcapil yang masuk kategori untuk meraih penghargaaan dan akhirnya dipilih 1 inovasi yakni Peduli Kamu.

“Sebetulnya kita masuk 4 inovasi di penilaian publik ini, yakni di urutan 2, 3, 4 dan 7. Tapi kemudian setelah diputuskan yang masuk 10 besar atau yang mendapatkan penghargaan langsung hanya 1,” beber Santi.

Dalam penerimaan penghargaan tersebut tak hanya Dispendukcapil saja, melainkan beberapa dinas maupun rumah sakit yang mendapatkannya, seperti Diskominfo, Bapeda, Dishub dan Puskesmas.

Program Peduli Kamu teerbyata, tak hanya mendapatkan penghargaan dari Pemkab saja, tetapi juga dari Pemprov Jatim dan Gubernur.

“Dan kebetulan inovasi ini juga mendapatkan penghargaan dari Gubernur dan Pemprov Jatim, dimana Dspendukcapil Jember masuk dalam 30 besar se – Jawa Timur,” tandasnya.

(Aminudin Azis)

(Aminuddin Aziz)