Jember, Aktual.com – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jember pastikan ketersediaan pangan aman hingga akhir tahun ini. Pernyataan ini disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jember Bambang Saputro, saat gelar operasi pasar murah di pasar Tanjung Jember. Selasa (06/12).

“Kami sampaikan bahwasanya khusus masyarakat di Kabupaten Jember, kondisi saat ini terkait ketersediaan stok pangan di Kabupaten Jember Insya Allah sampai dengan akhir tahun, masih tersedia dengan cukup,” ujar Bambang.

Selain ketersediaan, Pemkab Jember juga memastikan terkait harga pangan komoditi masih terpantau stabil, meski ada beberapa pangan komoditi alami kenaikan yang tidak signifikan.

“Untuk harga-harga bahan pokok pentingnya, sampai hari ini masih terpantau relatif stabil dan memang juga ada beberapa bahan pokok, memang sedikit naik,” jelas Bambang.

Sedangkan dengan beberapa komoditi yang naik itu, disebabkan beberapa faktor, seperti faktor alam dengan cuaca yang sangat ekstrim, sehingga kegagalan petani untuk panen sangat dirasakan.

“Hal ini disebabkan salah satunya karena kondisi saat ini di Indonesia, khususnya di Kabupaten Jember ini kondisi cuaca sangat ekstrim sekali, sehingga dampaknya terjadi tanaman rusak dan gagal panen,” ungkapnya.

(Aminudin Azis)

(Aminuddin Aziz)