Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi/Antara
Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi/Antara

Jakarta, Aktual.com – Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi mulai menanggapi putusan Mahkamah Agung (MA) terkait gugatan uji materiil YKMI atas vaksin halal. Nadia mengatakan pihaknya masih mempelajari putusan tersebut dan dampaknya bagi kebijakan vaksinasi di Indonesia.

“Kami masih mempelajari hal ini ya,” kata Nadia melalu pesan singkat saat dihubungi redaksi aktual.com, Jum’at (22/4) pagi.

Meski demikian, Siti Nadia tetap menolak panggilan telepon berkali-kali yang ditujukan redaksi aktual.com kepadanya. Juru Bicara itu tampak belum mau menjelaskan sikap dan langkah Kemenkes lebih rinci merespon putusan tersebut.

Sebelumnya diketahui, MA mengabulkan permohonan YKMI (Yayasan Konsumen Muslim Indonesia) atas uji materiil terkait vaksin halal. Dalam putusan tersebut, MA menyatakan pemerintah wajib memberikan perlindungan serta jaminan kehalalan produk yang dikonsumsi masyarakat berlandaskan UU Jaminan Produk Halal (JPH).

Hakim MA, Supandi bahkan menilai pemerintah tidak bisa memaksa kehendaknya untuk menyuntikkan vaksin yang tidak halal karena hal tersebut bertentangan dengan konvensi sipil dan politik internasional.(AH/MJ)

(Rizky Zulkarnain)