Jakarta, Aktual.com – Anggota DPRD DKI Bestari Barus optimis hingga akhir tahun nanti DPRD DKI bisa selesaikan antara 8 sampai 10 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda).

Upaya yang akan dilakukan untuk kebut agar tercapai target itu, kata dia, antara lain dengan mendorong Pemprov DKI untuk segera serahkan naskah akademik.

“Agar cepat dibahas itu raperda. Karena sampai saat ini belum ada lagi yang diserahkan,” ujar dia, saat ditemui Aktual.com, di Jakarta, Minggu (23/8).

Kata anggota F-NasDem itu, kalau saja penyerahan naskah akademik bisa konsisten seperti di Raperda Betawi dan Pariwisata, tentu target 8 hingga 10 raperda bisa selesai digarap sampai akhir tahun nanti.

Selain mendorong pihak eksekutif serahkan naskah akademik, kata Bestari, nanti Badan Legislasi Daerah (Balegda) DPRD DKI juga akan dipecah-pecah menjadi beberapa Panitia Kerja (Panja).

“Tiap Panja itu nantinya akan membahas raperda yang berbeda-beda tapi berjalan berbarengan. Setelah itu barulah nanti diparipurnakan di Balegda,” kata dia.

Diketahui, ada 17 raperda yang masuk Program Legislasi Daerah (Prolegda). Tujuh di antaranya jadi prioritas.

Badan Legislasi Daerah (Balegda) sebelumnya menargetkan bulan Mei lalu semua raperda itu sudah kelar digarap.

Kenyataannya, sejak bekerja di pertengahan September 2014 lalu hingga kini dewan baru berhasil selesaikan tiga perda saja. Yakni LKPJ Gubernur DKI, Perda Pelestarian Budaya Betawi dan Perda Kepariwisataan.

()