Banjir bandang di Bima (Ist)

Kota Bima, Aktual.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika melansir gempa bumi berkekuatan 3,7 pada skala richter mengguncang Kota Bima, Nusa Tenggara Barat, Minggu (25/12).

Kepala Stasiun Geofisika Mataram Agus Riyanto mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi terjadi pada pukul 14:23:57 Wita.

Kekuatan gempa itu 3,7 skala richter dengan episenter terletak pada koordinat 8.28 LS dan 119.04 BT, pada kedalaman 10 km. Dampak gempabumi berupa guncangan lemah dirasakan di daerah Bima, NTB dalam skala intensitas II SIG BMKG atau (II-III MMI).

“Di daerah ini guncangan gempa bumi dirasakan oleh beberapa orang,” katanya.

Kata dia, ditinjau dari kedalamannya, gempa bumi ini merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar naik belakang busur (back arc thrust).

“Terkait dengan peristiwa gempa bumi Bima yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun pada pukul 14.40 WITA belum terjadi aktivitas gempabumi susulan.”

Pihaknya mengimbau masyarakat tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG.

“Masyarakat di Kota Bima dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi ini tidak berpotensi tsunami.”

(Wisnu)