Beranda Nasional Diundang Menkopolhukam, Kepala BP2MI Bahas Penempatan PMI Sektor Domestik ke Uni Emirat...

Diundang Menkopolhukam, Kepala BP2MI Bahas Penempatan PMI Sektor Domestik ke Uni Emirat Arab

Kepala BP2MI, Benny Rhamdani
Kepala BP2MI, Benny Rhamdani

Jakarta, aktual.com – Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopulhukam) RI, Mahfud MD mengundang Kepala BP2MI Benny Rhamdani dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri terkait Perkembangan Perundingan Kesepakatan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) Sektor Domestik ke Uni Emirat Arab (UEA) di Kemenkopolhukam, Jakarta, Jumat (4/11) kemarin.

Kepala BP2MI menyampaikan pembahasan mengenai penempatan PMI pada pengguna perseorangan (sektor domestik) di Uni Emirat Arab (UEA) telah dimulai sejak tahun 2017 melalui mekanisme Sistem Penempatan Satu Kanal (SPSK). Mekanisme sistem tersebut dilakukan secara terintegrasi antara Pemerintah Indonesia dengan sistem yang berlaku di UEA.

Seperti dikutip dari situs BP2MI, lembaga tersebut mencatat data penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di UEA pada tahun 2019 sebanyak 578 PMI. Sementara pada tahun 2020 sebanyak 117 PMI, dan tahun 2021 sebanyak 437 PMI.

Rapat ini berlangsung secara tertutup dan dihadiri juga oleh Menteri Kenagakerjaan RI Ida Fauziyah, Deputi Bidang Koordinasi Politik Luar Negeri Kemenkopolhukam Rina Prihtyasmiharsi Soemarmo, Deputi Bidang Koordinasi Hukum dan HAM Kemenkopolhukam Sugeng Purnomo, Deputi Bidang Penempatan dan Pelindungan Kawasan Eropa dan Timur Tengah BP2MI, Irjen Pol. Achmad Kartiko, Deputi Bidang Penempatan Dan Pelindungan Kawasan Amerika dan Pasifik, Lasro Simbolon, serta perwakilan dari Kementerian Luar Negeri RI.

(Megel Jekson)