Jakarta, aktual.com – Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mendukung investigasi tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan suporter sepak bola dan personel polisi segera dilakukan.

“Saya mendukung agar dilakukan investigasi secepatnya atas tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang. Kita berharap prahara sepak bola tidak terus menerus terjadi,” kata Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (3/10).

LaNyalla mengingatkan pihak penyelenggara agar tidak hanya memikirkan keuntungan materi belaka. Faktor keamanan dan kenyamanan penonton harus diperhatikan agar menghasilkan suporter yang berkualitas.

Ia menilai evaluasi menyeluruh terhadap penyelenggaraan kompetisi atau liga sudah seharusnya dilakukan karena terlalu mahal nyawa melayang hanya karena sepak bola.

Di sisi lain, ia menyoroti penanganan yang dilakukan aparat keamanan terhadap suporter yang tidak manusiawi. Apa pun alasannya, LaNyalla menilai kekerasan harus dihindarkan dan pelaku harus ditindak.

“Saya meminta agar dilakukan kajian yang menyeluruh dengan melibatkan elemen, unsur-unsur, dan komponen-komponen terkait agar menghasilkan perspektif yang holistik,” ujar dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo segera melakukan investigasi mendalam atas tragedi di Stadion Kanjuruhan.

Presiden ingin segera dilakukan pembenahan dan pertanggungjawaban atas hilangnya nyawa ratusan jiwa dan kerusakan fasilitas akibat tragedi tersebut.

“Segera investigasi dan benahi apa yang terjadi tentu harus ada yang bertanggung jawab. Kita akan tegakkan aturan FIFA atau PSSI dan aturan hukum di negara ini,” kata Presiden.

(Antara)

(Rizky Zulkarnain)