Cirebon, Aktual.com – Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Herman Khaeron mengatakan dengan adanya rencana dikembangkannya kendaraan listrik baik mobil maupun motor, itu harus dibarengi dengan infrastruktur atau sarana dan prasarananya.

“Setiap kali kebijakan moda transportasi itu harus disiapkan dengan sarana dan prasarana. Ini sama saja ketika mempersiapkan kendaraan jalanya harus ada,” kata Hero sapaan akrabnya di Cirebon, Ahad (5/11).

Menurutnya setiap adanya pergantian juga harus dibarengi dengan penggantinya, seperti ketika pemerintah menggati penggunaan minyak tanah ke gas, itu juga ada dan semuanya seperti itu.

Dengan adanya kebijakan kendaraan listrik baik mobil maupun motor, Pemerintah juga harus memikirkan cara pengisiannya, agar masyarakat mau beralih ke kendaraan ramah lingkungan tersebut.

“Ketika kebijakan kendaraan listrik motor dan mobil yang segera diproduksi dan segera dimasyarakatkan itu harus tersedia cara pengisiannya,” tuturnya.

“Chargernya harus tersedia dimana-mana, kalau kita melihat di negara-negara maju, sudah disediakan charger gratis disetiap arena parkir dan itu aman, ketika tidak ditunggu,” lanjutnya.

Selain itu kata Hero keamanan pun hendaknya dijamin, karena kendaraan listrik ini tidak sama dengan yang menggunakan bahan bakar dan terutama ketika disiapkan charger di area publik, apakah sudah terjamin keamanannya.

“Apakah ketika disiapkan charger gratis di area publik, bisa dijamin tidak keamanannya sehingga menurut saya ini harus dipertimbangkan insfratruktur sarana dan prasarananya,” katanya.

ANT

(Antara)