Jakarta, Aktual.co — Lima fraksi Partai politik yang ada di DPR hingga hari ini belum menyerahkan nama-nama  anggotanya untuk komisi. Kelima fraksi itu yakni, PDIP, PKB, NasDem, Hanura, dan PPP.
Meski demikian, DPR pagi ini akan menggelar rapat Paripurna mengenai pembentukan komisi dan Alat Kelengkapan DPR. Rapat baru dimulai tepat pukul 10.00 WIB, dan dipimpin wakil Ketua DPR, Agus Hermanto.
“Paripurna sekarang ini kita ingin mengesahkan apabila lima partai sudah masuk. Barangkali berapapun yang masuk akan disahkan, Kami tunggu dari KIH. Namun, kita berikan waktu sesuai 1×24 jam. Siang itu tetap belum masuk,” kata Agus.
Menurut Agus, DPR tidak bisa menunggu terlalu lama, terutama karena sebentar lagi kabinet Presiden Joko Widodo terbentuk. Mitra Kementerian yang disusun Jokowi pun sudah ada.
“Kemungkinan nanti akan diambil pengesahan. Setelah itu dilanjutkan pemilihan pimpinan komisi dan alat kelengkapan belum,” kata Agus.
Politikus Partai Demokrat itu mengatakan, dalam aturan DPR tidak harus menunggu 10 fraksi menyerahkan daftar nama-nama anggota fraksi. Hal tersebut karena pemilihan tidak ada di paripurna.
“Pemilihan tidak di Paripurna. Tentu berlaku aturan tatib masalah kuorum dan tidaknya saja,” kata dia.

()