Jakarta, Aktual.co — Anggota DPR Ruhut Sitompul menyatakan pemilihan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang saat ini dilaksanankan diketahui akan memakan biaya besar.
“Saat ini kita harus melakukan penghematan terhadap keuangan negara, disatu sisi kita mengeluarkan anggaran untuk melakukan pemilihan terhadap pimpinan KPK,” kata Ruhut saat diskusi ICW mencari pimpinan KPK yang berintegritas di Jakarta, Kamis (23/10).
Anggota DPR RI dari Fraksi Demokrat ini mengatakan dari bocoran yang diketahuinya biaya untuk pemilihan pimpinan KPK itu bisa memakan biaya hingga miliaran rupiah.
“Gimana kita bisa melakukan penghematan kalau pemilihan ini aja mengeluarkan biaya besar,” katanya.
Ia juga mengatakan dalam pemilihan pimpinan KPK ini nanti akan menjadi perdebatan di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) karena adanya dua kekuatan yang berbeda dari Koalisi Indonesia Hebat (KIH) dan Koalisi Merah Putih (KMP).
Namun dengan adanya dua kekuatan di parlemen itu diharapkan bisa menghasilkan pimpinan KPK yang ideal sesuai dengan harapan rakyat Indonesia.
“Kita jangan melihat dua kekuatan itu mari bersama-sama untuk menghasilkan yang terbaik agar Indonesia bisa bebas dari korupsi di pemerintahan yang baru ini,” ucapnya.
Pimpinan KPK ini harus segera ditetapkan siapa yang harus dipilih dari semua yang telah diusulkan panitia seleksi nantinya.
“Pertengahan Desember 2014 pimpinan KPK harus sudah ada dan final sebab kalau tidak ada maka akan terjadi kekosongan pimpinan,” ujarnya.

()

(Nebby)