Jakarta, aktual.com – Pengamat militer sekaligus Founder Indonesia Defence Strategic Forum (IDFS), Septiawan mengatakan pemberian pangkat letnan kolonel tituler kepada Deddy Cobuezier mampu memberikan pendidikan literasi dan membangun citra positif di era teknologi digital. Septiawan menilai pemberian pangkat Letkol tituler tersebut sangat wajar di tengah tantangan dan situasi perang informasi saat ini.

Menurut Septiawan, Deddy Corbuzier dengan platform komunikasinya di dunia digital saat ini justru mampu memperkuat TNI dari sisi literasi.

“Konten-konten yang dikembangkan Deddy saat ini sangat positif bagi pengguna terutama di media digital. Selain itu Deddy mampu memberikan literasi dan informasi terhadap citra positif yang bisa disosialisasikan di zaman digital ini, terkait dengan pendekatan TNI yang kian humanis,” katanya, Senin (12/12).

Konsekuensinya, kata dia, salah satu palagan di depan mata Deddy Corbuzier saat ini adalah melawan opini negatif yg ada soal Papua. Salah satunya terkait hoaks operasi-operasi TNI dan pembantaian yang dilakukan oleh TNI. Semua itu, ungkapnya, secara opini di media sosial harus dilawan agar masyarakat tidak terjebak dalam hoaks atau berita bohong.

“Sudah tepat Panglima TNI, KSAD, dan Menhan memberikan surat kepangkatan itu,” tegas Septiawan.

(Rizky Zulkarnain)