Jakarta, Aktual.co — Pemerintah akan mengumumkan nama Direktur Utama Pertamina pada hari ini, Jumat (28/11). Pengumuman akan dilakukan di Kementerian BUMN sekitar pukul 15.00 Wib nanti. Nama Direktur Utama Semen Indonesia Dwi Sucipto masuk ke dalam tiga nama yang diserahkan ke TPA dan mencuat menjadi kandidat kuat hingga hari ini.

Menanggapi hal itu, mantan Menteri BUMN Tanri Abeng menyebut kriteria awal yang harus diutamakan dalam memilih sosok Dirut Pertamina adalah integritas, agar tidak mudah terpengaruh kepentingan lain selain kepentingan rakyat dan bangsa.

“Integritasnya harus dilihat. Agar tidak bisa dibeli permainan kepentingan mafia,” kata Tanri saat dihubungi wartawan di Jakarta, Jumat (28/11).

Tanri juga menegaskan, Pertamina membutuhkan seorang pemimpin yang kuat. Agar tidak mudah dipengaruhi.

“Pertamina butuh ‘Strong leadership’. Agar tidak dipengaruhi. Harus yang bisa memimpin bukan hanya sekedar pemimpin. Leading, bukan hanya sekedar leader. Beda itu. Selain itu, Pertamina juga tentunya membutuhkan sosok pemimpin yang memiliki pengetahuan di bidang migas,” ujarnya.

Selain itu, Pertamina juga tentunya membutuhkan sosok pemimpin yang memiliki pengetahuan di bidang migas.

Tanri juga turut mengomentari mengenai mencuatnya nama Dwi Sucipto. Menurutnya meski Dwi bisa dibilang merupakan sosok yang berhasil membawa Semen Indonesia menjadi berkembang saat ini akan tetapi tentu skala Pertamina dan Semen Indonesia sangat berbeda.

“Dwi berhasil menurut saya, tapi harus diingat skala Pertamina itu agak beda dengan Semen Indonesia. Saya juga tidak tahu pengetahuan minyaknya seperti apa. Apakah dia paham minyak atau tidak,” ungkapnya.

()

(Eka)