Jakarta, Aktual.co — Ketua Progres’98, Faizal Assegaf mengatakan jika sikap kritis politikus PDIP Effendi Simbolon, yang menolak rencana pemerintah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi harus diapresiasi.
Dirinya tak menyangka jika masih ada politikus berjiwa pahlawan dari salah satu Partai Politik pendukung pemerintah.
“Ternyata di kubu Koalisi Indonesia Hebat masih ada politisi berjiwa negarawan dan konsisten memperjuangkan aspirasi rakyat,” kata dia, Kamis (6/11). 
Faizal menilai jika Effendi figur alternatif pengganti Joko Widodo di DKI Jakarta. Bahkan, bekas calon Gubernur Sumatera Utara itu dianggap jauh lebih layak diusung oleh PDIP untuk memimpin Jakarta dan berpasangan dengan calon Wakil Gubernur dari Gerindra nanti. 
Terpenting pula, hadirnya Effendi Simbolon diharapkan mengakhiri keretakan dan ketegangan PDIP-Gerindra. Dia yakin Effendi Simbolon memiliki kemampuan untuk menjalin komunikasi politik lintas fraksi, baik yang ada di kubu KIH maupun KMP di DPRD DKI Jakarta. 
Hal yang berbeda dengan perilaku Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau disapa Ahok. Menurut dia, sikap terbuka Ahok justru telah menciptakan politik adu-domba baik antar partai maupun kelompok masyarakat.
“Bandingkan dengan Effendi Simbolon yang  merupakan kader terbaik PDIP dan memiliki kedekatan dengan Megawati Soekarnoputri.”

()