Jakarta, Aktual.com – Peran energi terbarukan ke depannya bakal semakin meningkat seiring dengan semakin bertambahnya kebutuhan energi global serta semakin beragamnya bauran energi di berbagai penjuru dunia.

“Pada 2040, minyak, gas, batubara, dan bahan bakar nonfosil masing-masing akan menyumbang sekitar seperempat dari energi dunia. Lebih dari 40 persen dari keseluruhan peningkatan kebutuhan energi akan dipenuhi oleh energi terbarukan,” kata Ekonom Utama Group BP, Spencer Dale, Senin (26/2).

Berdasarkan kajian “BP Energy Outlook 2018”, dengan menggunakan skenario “evolving transition”, pertumbuhan yang pesat di negara-negara berkembang bakal mendorong permintaan energi global menjadi sepertiga lebih tinggi.

Diperkirakan pada 2040, bauran energi global akan menjadi yang paling beragam yang pernah ada di dunia, dengan minyak, gas, batubara, dan bahan bakar nonfosil masing-masing berkontribusi sekitar satu perempat dari total bauran. “Energi terbarukan merupakan sumber bahan bakar dengan pertumbuhan tercepat, meningkat lima kali lipat dan menyediakan sekitar 14 persen energi pokok,” ucapnya.

Sementara permintaan minyak diprediksi akan tumbuh di sebagian besar periode Outlook sebelum bergerak mendatar di tahun-tahun berikutnya, dan permintaan gas alam akan tumbuh pesat dan menyalip batu bara sebagai sumber energi terbesar kedua.

(Andy AbdulHamid)