Jakarta, Aktual.co — Potensi kawasan Timur Indonesia yang melimpah sudah tidak diragukan lagi namun ada banyak permasalahan dan kendala yang terjadi, salah satunya pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) yang masih minim, termasuk di sektor kelautan dan perikanan. 
Mantan Gubernur Maluku, Karel Rahalalu menjelaskan bahwa ada lima masalah penting sektor KKP di kawasan Timur. Masalah tersebut yaitu subsidi BBM, infrastruktur, cold storage, tol laut, dan pasokan listrik.
“Sebenarnya ada lima masalah di Timur yang sangat krusial, yaitu subsidi BBM, infrastruktur, cold storage, tol laut, dan listrik. Di Jakarta ribut-ribut kenaikan harga BBM subsidi, disana kami sudah biasa harga BBM Rp20.000 per liter, tidak ada listrik, dan sebagianya,” ujar Karel saat konferensi pers di Menara Kadin, Kuningan Jakarta, Selasa (4/11).
Lebih lanjut dikatakan Karel bahwa untuk tol laut yang akan dicanangkan Presiden Jokowi, dirinya mengaku setuju akan hal itu. Namun menurutnya harus ada perbaikan dan terus diamati dalam pelaksanannya, seperti diadakannya relokasi industri perikanan.
“Relokasi industri-industri perikanan dari Jawa dan Bali yang ke Maluku, Papua, NTB, NTT, dan lainnya, ini akan membuat industri tol laut akan lebih baik. Dan akalu jadi dilaksanakan tol laut ini, dermaga-dermaga yang ada perlu mendapat perhatian,” pungkasnya.

()

(Eka)