Jakarta, Aktual.co — Bekas juru bicara Jusuf Kalla di Pemilihan Presiden lalu, Poempida Hidayatulloh menagku tidak tahu apa motif dari pernyataan politikus PDIP Effendi Simbolon yang menuding Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil, dan Menteri ESDM Sudirman Said adalah orang-orang  Wakil Presiden Jusuf Kalla.
“Saya tidak tahu apa motif dari si Effendi,” kata Poempida saat dihubungi, Rabu (5/11).
Dirinya pun tak mau menduga-duga apakah pernyataan Effendi itu merupakan pencitraan atau “serangan” yang ditujukan pada Wapres JK.
Dirinya meminta agar semua pihak, tak terkecuali parpol pendukung Jokowi-JK untuk mendukung kabinet kerja agar dapat bekerja.
“Biarkan kabinet kerja bekerja, jangan sampai dikerjain,” kata dia.
Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Effendi Simbolon menuding Wakil Presiden Jusuf Kalla sengaja menempatkan orang-orangnya di sektor yang berkaitan langsung dengan minyak dan gas.
Bahkan, bekas calon Gubernur Sumatera Utara itu mengatakan kalau Menteri BUMN di kabinet kerja Jokowi-JK, Rini Soemarno adalah orang Jusuf Kalla.
Tak hanya Rini Soemarno, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil dan Menteri ESDM Sudirman Said juga disebut orang JK oleh Effendi.
“Saya dengar Sofyan Djalil, Rini Soemarno, dan Sudirman Sahid itu katanya orang-orang JK. tidak ada unsur PDIP-nya,” kata bekas wakil ketua komisi VII DPR RI periode 2009-2014 itu, di gedung DPR (5/11).

()