Tangkapan layar hasi survei elektabilitas calon presiden untuk pemilihan umum 2024 yang disiarkan oleh indEX Research

Jakarta, Aktual.comSurvei terbaru yang dilakukan IndoStrategi Research and Consulting menunjukan pasangan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN RI Erick Thohir menjadi pilihan masyarakat dalam simulasi 2 pasangan pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Dalam survei terbaru yang dilakukan bulan November ini, IndoStrategi menemukan Ganjar – Erick Thohir memiliki elektabilitas sebesar 36,2 persen. Temuan elektabilitas ini ketika pasangan tersebut berhadapan dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto – Ketum PKB Muhaimin Iskandar.

Secara head to head, duet Ganjar-Erick Thohir menjadi pilihan masyarakat dengan elektabilitas 36,2 persen. Sedangkan Prabowo-Cak Imin hanya mendapatkan elektabilitas sebesar 34,8 persen.

“Survei ini membuat skenario simulasi dua paslon berkompetisi. Prabowo-Muhaimin akan kalah bila bertarung dengan Ganjar-Erick,” ujar Direktur eksekutif IndoStrategi Research and Consulting, Arif Nurul Imam dalam keterangannya, Rabu (10/11).

Survei ini diselenggarakan pada tanggal 27 Oktober-5 November 2022, melibatkan 1.230 responden dengan kriteria penduduk Indonesia di atas 17 tahun atau yang memiliki KTP. Pengambilan data dilakukan dengan metode multistage random sampling.

Data dikumpulkan dengan cara wawancara tatap muka dengan bantuan kuesioner. Margin of error survei ini tercatat +- 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

(Wisnu)