Beranda Internasional Emine Erdogan Sambut Kedatangan Ibu Negara Ukraina di Istanbul

Emine Erdogan Sambut Kedatangan Ibu Negara Ukraina di Istanbul

Emine Erdogan menjamu sejawatnya dari Ukraina, Olena Zelenska di Istanbul, Minggu (2/10) kemarin (Anadolu Agency)

Ankara, aktual.com – Istri Presiden Turki, Emine Erdogan menjamu sejawatnya dari Ukraina, Olena Zelenska di Istanbul di tengah perang Rusia-Ukraina yang masih berlangsung.

“Saya senang menjamu teman baik saya Olena Zelenska, istri Presiden Ukraina, di Istanbul,” kata Emine Erdogan di Twitter, Minggu (2/10) kemarin.

Emine pun menyinggung pernyataan Erdogan yang memberi perhatian pada anak-anak dan perempuan. Dirinya menegaskan Turki akan mempertahankan upaya diplomatik jangka panjangnya untuk perdamaian di kawasan.

Dilansir dari Anadolu Agency, Ibu negara Turki ini juga berterima kasih kepada Zelenska yang telah menandatangani kesepakatan untuk mendukung inisiatif nol limbah yang diprakarsai oleh Turki.

Dalam kunjungannya, Zelenska memberikan informasi tentang perkembangan terakhir di Ukraina, serta kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Yayasan Olena Zelenska. Dia mengucapkan terima kasih kepada Turki yang telah menampung 1.300 anak yatim piatu Ukraina. Zelenska pun meminta negara itu juga menerima 200 anak berkebutuhan khusus dan membantu evakuasi mereka.

Ibu negara Ukraina juga mencatat kepemimpinan yang kuat dan keterampilan diplomatik Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam mengamankan koridor maritim di Laut Hitam agar Ukraina dapat mengekspor gandumnya ke seluruh dunia. Dia menambahkan bahwa koridor gandum tersebut menyelamatkan dunia dari krisis pangan besar.

Zelenska juga meminta dukungan Emine Erdogan dalam memasok ambulans dan inkubator bayi. Permintaan khusus tersebut dilakukan untuk meningkatkan kebutuhan perawatan kesehatan akibat perang dengan Rusia.

(Megel Jekson)