Jakarta Pusat
Petugas tengah membersihkan pohon tumbang akibat hujan deras di wilayah Jakarta Pusat. (Ist)
Jakarta, Aktual.com – Sebanyak empat pohon tumbang di wilayah Jakarta Pusat saat hujan melanda wilayah tersebut pada Rabu (5/10).

Empat pohon yang tumbang di Jakarta Pusat yakni berada Taman Suropati, Jalan KH Mas Mansyur, Jalan Duri Pulo 1 dan Taman Prasasti.

“Benar ada empat pohon tumbang di Jakarta Pusat hari ini,” ujar Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat, Mila Ananda di Jakarta, Rabu (5/10).

Untuk lokasi Taman Suropati Kecamatan Menteng, terdapat jenis pohon jenis mahoni tumbang dengan diameter 200 sentimeter yang tumbang dan adanya terjadi kerusakan.

Tumbangnya pohon mahoni dengan diameter 200 centimeter di Taman Suropati mengakibatkan kerusakan kabel listrik, bak sampah dan mobil.

“Untuk lokasi Jalan KH Mas Mansyur jenis pohon beringin diameter batang 10 sentimeter, Jalan Duri Pulo 1 pohon ceri diameter batang 10 sentimeter dan untuk Taman Prasasti jenis pohon tabebuya tumbang dengan diameter batang pohon 30 centimeter,” katanya.

Semua pohon yang tumbang merupakan pohon di area publik yang berada di wilayah Jakarta Pusat.

Untuk mengantisipasi musim hujan dilakukan pemangkasan secara rutin di Jakarta Pusat.

“Kita lakukan pemangkasan rutin terhadap pohon yang terlihat tumbang untuk melakukan antisipasi di musim penghujan,” katanya.

Mila mengatakan, untuk pemangkasan pohon dikerahkan sebanyak 70 personel pada delapan kecamatan.

“70 personel dikerahkan dalam penanganan pemangkasan pohon secara rutin,” katanya.

Pemangkasan pohon tersebut terdiri atas tiga kategori, yakni ringan (merapikan), sedang (banyak cabang yang dipotong) dan berat (memotong ketinggian dan cabang yang dikhawatirkan tumbang).

Dalam hal ini, warga diimbau untuk tidak berteduh di bawah pohon saat hujan ataupun angin kencang. Masyarakat juga diimbau untuk melapor jika ada pohon yang terlihat rawan tumbang.

(Wisnu)