NTT, aktual.com – ​Upaya Pemerintah menyikapi ketertinggalan diberbagai sektor di daerah salahsatunya dengan mempercepat proses pembangunan dan pertumbuhan ekonomi serta pelayanan publik melalui program-program yang dicanangkan di wilayah tersebut.

Kemajuan daerah tentu bukan sekedar wacana semata tetapi harus segera mungkin dilakukan realisasi ketika wacana itu dianggap dapat direaliasi agar semua bidang utamanya pembangunan dan pelayanan di suatau daerah tidak terkesan jalan ditempat atau stagnan.

Respon terhadap hal itu, diperlukan pembentukan daerah otonomi baru ditingkat desa guna mewujudkan aspirasi-aspirasi masyarakat desa yang selama ini dipandang belum sepenuhnya didapati pemrataan pembangunan ataupun layanan publik.

Namun, bicara tentang pemekeran sauatu desa agar menjadi desa definitif, tentu harus dilihat dari semua aspek pendukung seperti halnya, memenuhi standart peraturan perundang-undangan serta mendapat dukungan penuh dari  pemerintah dan juga DPRD.

Pembentukan daerah otonomi baru ditingkat desa, masyarakat di NTT yakni masyarakat desa persiapan Orakeri, kecamatan Nangapanda, Kabupaten Ende, sangat menginginkan mekar menjadi desa definitif baru dari desa induk yakni Desa Tendarea.

Anggota DPRD Ende dari Fraksi Partai NasDem, Oktavianus Moa Mesi, kepada media ini Rabu 29/4 menegaskan sikapnya, mendukung aspirasi masyarakat desa persiapan Orakeri, untuk membentuk desa definitif baru.

“Sebagai wakil rakyat tentunya kita akan mendukung dan berjuang bersama masyarakat desa persiapan Orakeri, untuk membentuk desa definitif yang baru. Aspirasi yang disampaikan hari ini akan kita suarakan pada rapat-rapat dilembaga DPRD Ende maupun bersama pemerintah.”

“Kita  berharap agar penantian panjang masyarakat desa persiapan Orakeri bisa terjawab dalam waktu dekat ini.  Pemkab Ende melalui instansi teknisnya, segera mengusulkan kepada bupati untuk ditetapkan menjadi desa definitiv yang baru.” tegas Vian.

Mantan aktivis GMNI ini, lebih jauh mengatakan, untuk kecamatan Nangapanda ada tiga desa persiapan dari total sembilan desa persiapan di Kabupaten Ende. Desa persiapan ini sudah dikukuhkan dengan SK Bupati sejak tiga tahun lalu.

“Untuk kecamatan Nangapanda ada tiga desa persiapan yang sudah dikukuhkan dengan SK Bupati sejak tiga tahun lalu. Kita minta agar proses usulan desa persiapan Orakeri menjadi desa definitif baru agar dipercepat. Begitu juga dengan beberapa desa persiapan lainnya agar segera ditetapkan oleh pemerintah menjadi desa definitif.”

“Kita dilembaga DPRD akan mendukung sepenuhnya kebijakan tersebut, sehingga proses pelayanan kepada masyarakat lebih maksimal. Apa yang disampaikan hari ini dalam kegiatan kunjungan kerja dan reses akan kita teruskan kepada pemerintah.” ungkapnya.

Keinginan masyarakat desa persiapan Orakeri, mekar dari desa induk Tendarea, disampaikan secara terbuka oleh Kepala Desa Tendarea, Kosmas Jonatan.  Menurutnya, apa yang diharapkan masyarakat saat ini agar pemerintah segera menetapkan desa persiapan Orakeri menjadi desa definitif baru.

“Hari ini kita mendapat kunjungan kerja dan kegiatan reses dari dua wakil rakyat yang duduk di DPRD Ende. Tentunya kita berharap agar aspirasi masyarakat yang disampaikan hari ini bisa didengar dan diperjuangkan.”

” Masyarakat sudah lama merindukan dan menantikan peningkatan status dari desa persiapan menjadi desa definitif. Kami titip aspirasi ini untuk diperjuangkan sehingga bisa menjawab keinginan masyarakat.” tegas Kosmas.

Saat ini untuk desa persiapan Orakeri, lanjut Kosmas, sudah memiliki beberapa fasilitas penunjang berupa satu SMP Negeri Orakeri, satu SDK Puukoki dan satu taman kanak-kanak (TK) Tendarea.

“Untuk desa persiapan Orakeri sudah memiliki satu SMP Negeri, satu Sekolah Dasar dan satu taman kanak-kanak. Disamping itu masyarakat juga sudah menyiapkan lahan untuk pembangunan kantor desa. Masyarakat desa persiapan Onrakeri saat ini sangat mengharapkan pengesahan dari pemerintah menjadi desa definitif.” tutupnya.

(Muhammad Yasin)