Pekanbaru, Aktual.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau bakal mendapatkan proyek hibah Millenium Challenge Corporation (MCC) Compact II dari Pemerintah Amerika Serikat dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pengentasan kemiskinan di daerah berpenduduk 6.971.745 jiwa itu.

“Untuk itu Pemrov Riau sudah mempresentasikan langsung ke Bappenas RI untuk meraih proyek hibah Compact II tersebut, dan proposal terkait segera diperbaiki sesuai masukan Bappenas RI,” kata Gubernur Riau Syamsuar dalam keterangannya di Pekanbaru, Rabu (12/5).

Menurut dia, proyek hibah Millenium Challenge Corporation (MCC) Compact II dari Pemerintah Amerika Serikat selain kepada Provinsi Riau, juga berpeluang untuk Sumatera Selatan dan Sulawesi Utara.

Ia menyebutkan proyek hibah dari MCC  ini difokuskan kepada pembangunan infrastruktur daerah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pengentasan kemiskinan.

“Karenanya Riau harus benar-benar komplit mengajukan proposal termasuk menginformasikan tentang potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang cukup tinggi di Riau namun angka kemiskinan masih terdapat di Riau,” katanya.

Temuan angka kemiskinan di Riau, katanya, cenderung berada di daerah pesisir. Namun daerah pesisir Riau memiliki potensi cukup besar dalam bidang pertanian, perikanan dan juga pariwisata, akan tetapi belum didukung dengan infrastruktur yang baik.(Antara)

(Warto'i)