Beranda Internasional Erdogan Kritik Sikap AS yang Dinilai Berpihak Kepada Yunani

Erdogan Kritik Sikap AS yang Dinilai Berpihak Kepada Yunani

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan saat memerika salah satu drone buatan Turki (Turkish Presidency/ AA)

Ankara, aktual.com – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengkritik Amerika Serikat (AS) karena sikapnya yang miring di tengah ketegangan yang memanas antara Turki dan Yunani. Erdogan juga menyerukan Washington agar memperlakukan sekutu NATO dengan sikap yang setara.

“Tidak ada perbandingan dalam pentingnya Turki dan Yunani di NATO. AS tidak akan menemukan sekutu lain seperti Turki,” kata dia dalam sebuah wawancara di televisi, Rabu (28/9) kemarin.

Salah satu pemimpin muslim dunia ini pun mengingatkan bahwa Turki berada di antara lima negara teratas di NATO dalam kontribusinya terhadap blok tersebut. Menurut rekaman drone, ungkap Erdogan, ada kendaraan lapis baja yang ditempatkan di pulau-pulau Yunani yang seharusnya didemiliterisasi.

“Harapan kami dari AS adalah tidak melibatkan Yunani dalam perhitungan yang salah dan tidak membiarkan manipulasi opini tersebar ke masyarakat internasional,” tambahnya seperti dikutip dari Anadolu Agency.

Erdogan mengecam keputusan Washington baru-baru ini untuk mencabut embargo senjata terhadap pemerintahan Siprus Yunani. Dirinya berjanji akan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk melindungi Siprus Turki.

(Megel Jekson)