Beranda Internasional Erdogan: Turkiye Temukan 150 Juta Barel Cadangan Minyak

Erdogan: Turkiye Temukan 150 Juta Barel Cadangan Minyak

Presiden Tayyip Erdogan

Ankara, aktual.com – Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan mengaku pihaknya menemukan 150 juta barel cadangan minyak bersih di gunung wilayah tenggara senilai USD12 miliar.

“Kami menemukan 150 juta barel cadangan minyak bersih di Gunung Gabar. Ini adalah salah satu dari 10 penemuan ladang minyak daratan terbesar pada tahun 2022. Nilai cadangannya sekitar 12 miliar dolar,” kata dia setelah rapat Kabinet di ibu kota Ankara, Senin (12/12) kemarin.

Erdogan pun mengaku sumur tersebut mampu menambal produksi minyak Turki. Terlebih dengan kualitas minyak yang relatif lebih baik.

“Kami memproduksi 5.000 barel (minyak) per hari di empat sumur di wilayah ini, yang memiliki kualitas minyak yang sangat tinggi,” tambah dia.

Erdogan mengatakan produksi harian Perusahaan Minyak Turkiye, sekitar 40.000 barel lima pada tahun lalu. Saat ini, produksi berhasil meningkat menjadi 65.000 barel.

Dilansir dari Anadolu Agency, Ankara akan meningkatkan produksi hariannya menjadi 100.000 barel saat memperingati seratus tahun Republik Turkiye. Sejumlah strategis yang dapat dilakukan antara lain dengan lebih banyak penelitian seismik, lebih banyak pengeboran, dan metode peningkatan produktivitas.

“Sementara banyak perusahaan minyak dan gas alam menyerah selama pandemi, Minyak Turkiye mempercepat kegiatan eksplorasi dan produksinya. Dengan 34 penemuan lagi pada tahun 2021 saja, kami menambahkan 71 juta barel lagi ke cadangan kami saat ini,” tukas Erdogan.

(Megel Jekson)