Jakarta, Aktual.com – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara (Sumut) kembali dilaporkan mengalami erupsi.

Sinabung kembali erupsi dengan mengeluarkan awan panas guguran sejauh 4.500 meter dan tinggi kolom abu sejauh 5 ribu meter, pada pukul 06:42 WIB tadi. Bahkan erupsi berlangsung kurang lebih satu jam setengah.

“Pagi ini gunung Sunabung kembali mengalami erupsi, hasil pantauan kami tinggi kolom abu 5 ribu meter dengan arah luncuran abu panas mengarah ke tenggara dan timur,” kata Kepala Basarnas Medan, Totok Mulyono melalui wawancara, Selasa (2/3).

Totok juga menjelaskan, selama 1 jam, gunung Sinabung mengalami 13 kali pancaran abu panas. Pantauan tersebut dilakukan oleh PVMBG, Polsek Simpang Empat, Koramil Simpang Empat, Kodim 0205 Tanah Karo, dan juga BPBD Tanah Karo.

Adapun untuk saat ini, Totok mengatakan, dalam radius 3 Km dari puncak gunung Sinabung merupakan zona merah. Dan untuk radius 5 kilometer penduduk sudah di relokasikan.

“Untuk radius 3 kilometer merupakan zona merah,  jadi tidak ada aktivitas masyarakat di radius tersebut dan untuk radius 5 km saat ini meruparkan radius relokasi dan penduduk sudah dipindahkan ke pemukiman di Siosar,” jelasnya.

Tidak lupa, dia pun mengimbau masyarakat untuk terus menggunakan masker dan mengantisipasi erupsi yang lebih tinggi lagi.

“Sampai saat ini tidak ada evakuasi ataupun masyarakat yang perlu di evakusi atau mengungsi karean memang radius masyarakat pada posisi aman untuk saat ini,” pungkasnya.(RRI)

(Warto'i)