Jakarta, Aktual.com – Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menduga isu radikalisme sengaja diembuskan pemerintah, dan malah menyebabkan perpecahan di masyarakat.

“Justru isu-isu yang diembuskan oleh pihak-pihak tertentu di kalangan pemerintah, terutama menyangkut radikalisme dan lain-lain, justru isu-isu itulah yang menimbulkan potensi pemecahbelahan di dalam masyarakat,” kata Fadli dalam diskusi di Jakarta, Jumat (26/12).

Fadli mengatakan Indonesia memiliki masyarakat yang moderat yang sebenarnya sudah tidak ada lagi pertentangan di masyarakat.

“Saya amat sangat yakin bahwa masyarakat Indonesia pada umumnya adalah masyarakat yang sangat moderat, menerima kultur, tradisi, adat; dan tidak pernah mempertentangkan itu,” tuturnya.

Menurut Fadli pemerintah perlu isu untuk menutupi ketidakbecusan mereka. Oleh karena itu pemerintah pun menjadikan isu radikalisme sebagai kambing hitam.

“Radikalisme ini menjadi satu dalih yang paling mudah untuk menutupi ketidakbecusan. Dan ini yang menurut saya sedang terjadi sekarang ini. Harus ada kambing hitam, dan kambing hitam itu namanya adalah radikalisme,” katanya.

Ia pun sangat menyayangkan sikap pemerintah tersebut. Seharusnya Indonesia bisa menjadi bangsa besar jika mampu dikelola dengan baik.

“Saya melihat bahwa sebetulnya kita ini sebagai bangsa dan negara sudah sangat mempunyai ruang dan peluang yang sangat besar untuk menjadi negara yang besar. Tetapi kalau di-manage seperti ini, saya tidak yakin Indonesia itu akan menjadi negara besar,” ungkap Fadli.

(Arbie Marwan)