Jakarta, Aktual.co — Pemerintah rencanya hari ini akan mengumumkan nama Direktur Utama Pertamina. Pengumuman akan dilakukan di Kementerian BUMN sekitar pukul 15.00 WIB nanti.

Nama Direktur Utama Semen Indonesia Dwi Soetjipto masuk ke dalam tiga nama yang diserahkan ke TPA. Kemungkinan, tiga sosok itu adalah Dwi Sucipto (Dirut Semen Indonesia), Budi Gunadi Sadikin (Dirut Mandiri), Rinaldi (Mantan Dirut Telkom), Handry Satriago (Dirut General Electric). Sementara nama lainnya adalah Ahmad Faisal dan Widyawan Prawiraatmaja.

“Dwi Soetjipto memang besar di industri semen dan berhasil membawa kemajuan semen gresik,” ujar ketua Federasi Serikat Pekerja BUMN, Arief Poyuono di Jakarta, Jumat 28/11).

Selama memimpin Semen Gresik, Dwi menjajakan hingga ke luar negeri. Namun, mengurusi semen berbeda dengan mengurusi sektor migas. Banyak tantangan yang dihadapi seperti kerasnya intervensi mafia migas. Menurutnya, yang terpenting adalah Dwi Soetjipto mampu melawan mafia migas tersebut.

“Tantangan yang dihadapi Dwi jika terpilih tidaklah mudah karena cukup banyak kepentingan politik akan mempengaruhi kinerja Pertamina terutama sengatan Mafia Migas. Pasalnya, mafia migas sudah mengerogoti Industri Migas dari hulu dan hilir,” tegasnya.

(Eka)