Makassar, Aktual.com – Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar menyiapkan area penempatan pesawat udara (parkir pesawat) VVIP G20 dan pendukungnya.

“Di Bandara Hasanuddin disiapkan area parkir karena sebagai bandara pendukung yang ditunjuk oleh Kementerian Perhubungan pada perhelatan internasional Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua Bali tanggal 15 – 16 November 2022 mendatang,” General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Wahyudi di Makassar, Rabu (9/11).

Berkaitan dengan hal tersebut, Wahyudi mengatakan, pihaknya telah memastikan kesiapan apron dan parking stand untuk mendukung kegiatan G20.

Dia mengatakan, untuk area apron dapat menampung 2 pesawat berbadan lebar (wide body) dan 9 pesawat berbadan sempit (narrow body).

Penyiapan sarana parkir pesawat itu, kata dia, tidak akan mengganggu pelayanan penerbangan regular di bandara tersebut, karena Bandara Internasional Sultan Hasanuddin memiliki 50 parking stand di Apron Selatan dan 7 parking stand di Apron Utara serta memiliki 2 landasan pacu.

Selain itu, juga dilengkapi dengan kesiapan Tim Airport Rescue and Fire Fighting (ARFF) Bandara yang telah terkategori sebagai kategori 9.

“Yang jelas, tidak ada perubahan jam operasional bandara selama perhelatan G20, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin tetap beroperasi 24 jam,” kata Wahyudi.

Menurut dia, pihak bandara juga bekerjasama dengan Pemprov Sulawesi Selatan, TNI-AU, Otoritas Bandara Wilayah V Makassar, Polres Maros, Imigrasi, Beacukai, Airnav Indonesia, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Makassar yang juga siap mendukung perhelatan G20.

(Warto'i)