“Pencegahan masuknya narkoba ke Indonesia memang tak boleh dilakukan parsial karena panjang perbatasan yang memunculkan banyaknya jalur tikus,” sambung dia.

Adanya sinergitas ini, kelemahan dalam hal sumber daya manusia dan sarana seperti kapal cepat maupun persenjataan dapat saling melengkapi. Kerjasama antar penegak hukum sangat penting guna mencegah penyelundup narkoba memuluskan aksinya.

“Dengan sinergi, maka celah yang ditutup semakin banyak karena bertambahnya sarana kapal cepat, persenjataan dan sumber daya manusia. Apalagi presiden menekankan tak boleh ada ego sektoral dalam pemberantasan narkoba,” ujar politisi Nasdem ini.

Sependapat dengan Ketua DPR, Sahroni juga tegas menyatakan bahwa para penyelundup narkoba harus dihukum mati karena telah melakukan kejahatan kemanusiaan.

Kepercayaan masyarakat terhadap komitmen pemerintah atas penberantasan narkoba tersebut harus dibuktikan. Yaitu dengan tidak adanya lagi permainan-permainan oknum penegakan hukum terkait pemberantasan narkoba.