Surabaya, Aktual.com – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak terus mendorong potensi kerjasama baik perdagangan, investasi maupun transportasi antara Jatim dengan Kolombia, salah satunya terkait pengembangan cable car (Kereta Gantung). Dimana saat ini Jatim berencana mengembangkan cable car di beberapa daerah pegunungan di Jatim.

“Jadi di Kolombia ini banyak cable car yang dipasang di daerah pegunungan Andes, salah satunya di Medelline. Kita melihat potensi masyarakat menginginkan adanya cable car di daerah-daerah pegunungan di Jatim ini tinggi,” katanya, Rabu (27/1).

“Jadi kita ingin agar pengembangan cable car seperti yang ada di Medelline yang bisa menjadi salah satu upaya pengentasan kemiskinan masyarakat di pegunungan ini, bisa kita ikuti,” lanjut Emil.

Emil mengatakan, dalam hal cable car ini, secara teknologi PT. INKA di Madiun sebenarnya telah mampu memproduksi gerbongnya. Namun, sinergi kerjasama dengan Kolombia ini tidak hanya sekedar teknologi, tapi juga bidang manajemen dan pemberdayaan masyarakatnya.

Menurutnya, Kolombia adalah salah satu negara dengan ekonomi terbesar di Amerika Latin. Untuk itu dirinya berharap makin banyak kerjasama yang bisa didorong antara Jawa Timur dengan Kolombia, apalagi Jatim adalah provinsi industri. (RRI)

(Warto'i)