Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Semarang, Aktuap.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut stabilitas politik di Jawa Tengah saat ini berjalan baik, dan perlu terus dijaga bersama-sama.

Hal itu disampaikan di sela Rapat Koordinasi Nasional Kepala Daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah se-Indonesia yang dibuka Presiden Joko Widodo, di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

“Alhamdulillah sih bagus ya so far. Bagus. Butuh komunikasi, butuh sosialisasi terus menerus untuk menjaga” kata Ganjar dikutip, Rabu (18/1).

Dia mengatakan untuk menjaga stabilitas politik perlu menjaga relasi antarumat beragama. Selain itu partai politik juga memiliki peran penting dalam memastikan situasi kondusif di tahun politik.

“Partai-partai saya kira perlu menjaga juga. Sering-sering ngobrol, sering-sering ngopi, sehingga tidak baperan nanti. Sehingga menuju 2024 harapannya semua sudah siap. Kan kita sudah memainkan peran masing-masing peran berpolitik sudah lama pascareformasi. Mestinya kita sudah naik kelas lah, sudah dewasa,” ujarnya.

Dalam arahannya pada pembukaan Rakornas dan Forkopimda se-Indonesia, Presiden RI Joko Widodo mengingatkan kepada kepala daerah dan pimpinan daerah untuk menjaga stabilitas politik dan keamanan pada pemilu 2024.

“Saya minta betul-betul saudara-saudara bisa menjaga situasi kondusif. Menjaga agar masyarakat kita tidak menjadi korban politik, politik identitas,” ujar Presiden.

Jokowi juga mengingatkan agar TNI dan Polri tidak berpolitik praktis. Dia meminta kepala daerah dan aparat keamanan memetakan potensi kerawanan.

“Betul-betul tahun ini sudah memasuki tahun politik, harus memiliki sensitivitas dan sering turun ke lapangan seiungga kejadian-kejadian kecil bisa segera diredakan,” ujar Jokowi.

(Wisnu)