Jakarta, Aktual.co — Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Perhutani menggelar acara pisah sambut Direktur Utama Perum Perhutani yang ditandai dengan penyerahan buku Memori Kerja dari Bambang Sukmananto kepada Dirut baru Mustoha Iskandar. Acara yang berlangsung di Ruang Rimbawan I gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Selasa (21/10), dihadiri oleh Dewan Pengawas, Direksi Anak Perusahaan, Seluruh Asisten Direktur, Deputi Direktur, Kepala SPI, Kepala Divisi, Kepala Pusat Litbang SDH, Kepala Pusat Pusdikbang SDM Perhutani dan karyawan Perhutani pusat.

Dirut Perum Perhutani Mustoha Iskandar mengatakan bahwa hal utama yang akan dilakukannya sebagai Dirut adalah menerapkan perubahan kultural yang berarti kultur dan mindset SDM adalah kunci. Perhutani akan percepat transformasi dari beuracratical culture ke corporate culture.

“Pak Bambang kemarin sudah melakukan perubahan struktural, dan kedepannya saya ingin juga melakukan perubahan, tapi perubahan kultural (corporate culture). Ini perlu kita lakukan untuk menciptakan value creation perusahaan,” kata Mustoha dalam sambutannya di acara pisah sambut Direksi Perum Perhutani di Jakarta, Selasa (21/10).

Sementara itu, mantan Dirut Perum Perhutani Bambang Sukmananto meminta seluruh pegawai Perhutani agar mendukung Dirut Perusahaan yang baru.

“Saya minta seluruh pegawai Perhutani agar mendukung Dirut Perusahaan yang baru. Pemimpin bisa saja berganti-ganti tapi kinerja perusahaan harus tetap berjalan. Kita masih punya urusan holding yang merupakan urusan terbesar. Saya kira tidak banyak pesan dan kesan yang saya tinggalkan, karena saya sudah sering berdiskusi dengan mustoha. Ilmunya tidak perlu diragukan lagi. Politiknya juga bagus,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Bambang menyatakan ucapan terimakasihnya kepada seluruh karyawan Perhutani yang selama ini telah membantunya menjalankan tugas.

“Terima kasih teman-teman Perhutani yang sudah menerima anak kos. Saya sekarang mau mencari kos-kosan baru. Tapi silahturahmi harus tetap jalan. Toh saya akan tetap berurusan dengan Perhutani,” tutupnya.

Sebagai informasi, pada tanggal 17 Oktober 2014, Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Industri Strategis Kementerian BUMN telah menyerahkan salinan Keputusan Menteri BUMN tentang Pemberhentian dan pengangkatan Direksi Umum Perhutani kepada Mustoha Iskandar, yang sebelumnya menjabat Direktur Komersial Kayu Perum Perhutani menggantikan Bambang Sukmananto sebagai Dirut Perum Perhutani.

()

(Eka)