Pelajar membakar sepeda motor dan rambu lalu lintas saat berdemonstrasi di belakang Gedung DPR, Palmerah, Jakarta, Rabu (25/9/2019). Selain membakar sejumlah benda, para pelajar juga melempari Gedung DPR dengan batu. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta,  Aktual.com – Bentrokan antara Pasukan Brimob dan Sabhara Polri dengan Pasukan Marinir TNI AL terjadi Rabu (25/9) tadi malam.

Hal ini lantaran Brimob dan Sabhara menembaki Mess TNI AL Lumba Lumba di Jl Gatot Subroto Jakarta Pusat, ketika mengejar demonstran Pelajar yang lari ke Mess TNI AL.

Berikut kronologis kejadian, yang diterima aktual.com dari pesan beredar:

1. Sekitar pkl 21.30 wib Aparat Keamanan Brimob dan Sabhara membubarkan/memukul mundur masa demonstran (siswa SMK/SMA) dari arah Gedung DPR menuju arah Cawang.

2. Pada saat melaksanakan pengejaran terhadap para demonstran, beberapa pelaku demonstran masuk ke Mess TNI AL Lumba Lumba, sehingga dilaksanakan prosedur pengamanan oleh anggota Marinir.

3. Pada saat anggota Marinir mengamankan pelaku Demonstran karena memasuki Mess TNI AL Lumba Lumba, anggota Brimob memaksa masuk ke mess TNI AL Lumba Lumba, sehingga menimbulkan perdebatan antara Brimob dan Marinir.

4. Brimob merasa tidak terima bahkan sampai menembaki anggota Marinir yang berjaga di Mess Pati Lumba Lumba dengan Gas Air mata dan memaksa masuk gerbang Mess Lumba Lumba dengan cara mendobrak.

5. Anggota Marinir mencoba untuk mencegah dengan cara menegur Apkam Brimob yang menembakan gas air mata ke Mess Lumba Lumba, akan tetapi tidak diindahkan, malahan memberikan tembakan yang semakin brutal.

6. Danyonmarhanlan III yang standby di Mess Lumba Lumba mencoba meredam kejadian tersebut, akan tetapi tidak dihiraukan juga, Apkam Brimob dan Sabhara tetap menembaki gas air mata ke arah pasukan Marinir yang sedang berjaga di Mess Lumba Lumba disertai dengan teriakan.

7. Sekira pukul 21.50 wib setelah Apkam Brimob dan Sabhara menembaki mess TNI AL Lumba Lumba, mereka mundur ke arah gedung DPR RI. Pkl 21.55 wib kondisi kembali kondusif.

(Arbie Marwan)