Jember, Aktual.com – Event Gebyar Jember Inklusi yang nantinya akan diselenggarakan pada 3 Desember, mentargetkan Kabupaten Jember ramah dan setara terhadap masyarakat penyandang khusus. “Harapannya adalah Jember menjadi kabupaten yang inklusif bukan eksklusif. Haknya semua sama, antara yang kebutuhan khusus maupun tidak,” ujar Kepala Dinas Sosial Akhmad Helmi Luqman, Selasa (29/11).

Sehingga dalam memperingati Hari Disabilitas Internasional tahun 2022 ini, Pemerintah Kabupaten Jember berkolaborasi dengan komunitas disabilitas. Menurutnya, kegiatan yang akan dimulai tanggal 3 sampai dengan tanggal 15 Desember ini, akan dibuka di Gor politeknik Jember.

“Diawali dengan gebyar Jember Inklusi, untuk menciptakan bahwa Kabupaten Jember adalah Kabupaten ramah disabilitas. Yang mana ini angan-angan kami dan harapan kami ke depan,” ungkap Helmi sapaan akrabnya.

Selain itu juga, juga akan menampilkan Linkrafin yang berkolaborasi dengan penyandang kebutuhan khusus serta
kemudian di dalamnya adalah penampilan kolaborasi antara linkrafin dengan rekan-rekan yang mempunyai kebutuhan khusus.

“Kemudian nanti juga dilengkapi dengan bazar, yang mana produknya asli dari masyarakat yang berkebutuhan khusus dan juga ada pelatihan, sunat massal, pelayanan sim dan yang terakhir adalah nonton bersama film pendek karya dari penyandang khusus,” imbuh Helmi.

Sehingga harapannya kedepan, penyandang kebutuhan khusus di Jember dapat memiliki pekerjaan yang sama, baik diperusahaan maupun di pemerintahan.

“Harapannya ialah ada kesempatan bagi mereka ini untuk bekerja disektor swasta maupun pemerintah dan diterima oleh masyarakat pada umumnya,” pungkasnya.

(Aminudin Azis)

(Aminuddin Aziz)