Jakarta, Aktual.co — Ebola adalah sebuah virus yang sedang marak dari Afrika. Berita ini mungkin semakin meluas kita dengar dan banyak sekali yang terkena virus tersebut. Virus yang berbahaya yang cepat sekali menyebar. 
Seperti penyakit lain, penyakit ebola ini pun mempunyai tanda-tanda yang menyerang penderitanya seperti pendarahan hebat, kegagalan fungsi organ dan bahkan dalam banyak kasus bisa menyebabkan kematian.
Penyakit ini  bersifat sporadis sangat cepat dan bisa dibedakan menjadi dua, yaitu virus Ebola dan virus Marburg. Kedua virus tersebut terdapat pada kehidupan hewan dan pastinya dapat menyebar pada manusia melalui kontak hewan yang terinfeksi virus, seperti cairan lendir, kotoran, gigitan dan sebagainya. dan juga dapat menyebar melalui jarum suntik yang tidak steril atau terkontaminasi virus Ebola. 
Sayangnya, masih belum ada obat khusus yang bisa digunakan untuk mengatasi virus ini, namun sudah dikembangkan vaksin untuk penyakit ini.
Dan gejala yang dapat diperhatikan adalah seperti demam, sakit kepala parah, nyeri sendi atau otot, tubuh meriang atau panas dingin, serta tubuh lemas. Gejala ini bisa terjadi hanya dalam waktu 5 hingga 10 hari setelah penderita terinfeksi virus dan seiring berjalannya waktu, gejala semakin parah dan berbahaya. 
Dan langkah kita sebaiknya adalah mencegahnya dengan cara menjaga terlebih dahulu kebersihan lingkungan sekitar kita, terutama kebersihan tubuh dan air yang sering dikonsumsi sehari-hari. Dikutip dari laman berita wanita, Senin (10/11).