Yogyakarta, Aktual.co — Sejumlah mahasiswa dan masyarakat umum antusias mengikuti acara lelang barang gratifikasi yang digelar KPK di Grha Sabha Pramana UGM Yogyakarta, Rabu (10/12). Pada lelang kali ini terdapat sebanyak 20 item barang yang dilelang melalui email. Sementara pada Kamis (11/12) esok, ada sebanyak 217 item barang yang dilelang secara konvesional (lisan). 
Lelang email dilaksanakan dengan penawaran secara tertulis tanpa datang langsung ke lokasi, sementar pada lelang konvesional peserta diharuskan datang ke lokasi.
Direktur Gratifikasi Kedeputian Pencegakan KPK Giri Suprapdiono mengatakan ada berbagai jenis barang yang akan dilelang. Dimana barang tersebut merupakan barang hasil penyerahan masyarakat kepada KPK. 
Sejumlah barang itu meliputi smartphone seperti ipod hingga hp android, parfum, tas, jam tangan,sepeda, keris, kain batik, ballpoint, dompet, ikat pinggang, dasi, kacamata,sepatu hingga madu dan barang lainnya.
“Paling banyak itu ipod. Ada sekitar 100 barang dengan nilai harga tertinggi Rp 5,5 juta,” katanya.
Selama tahun 2014 ini jumlah barang gratifikasi yang diserahkan masyarakat umum kepada KPK meningkat drastis dari tahun sebelumnya. Jika tahun 2013 lalu jumlah barang gratifikasi yang diserahkan hanya 1391 barang, maka tahun 2014 ini ada sebanyak 2100 barang yang diserahkan.
Seluruh hasil lelang barang gratifikasi ini sendiri nantinya akan masuk ke kas negara melalui  rekening kementrian keuangan.

()