Jember, Aktual.com – Pertama kali diinisiasi, Penkab Jember melalui Bagian Protokol dan Pimpinan (Prokopim) menggelar pelatihan Master of Ceremony (MC). Diprioritaskan bagi calon tenaga kerja untuk menambah wawasan sekaligus kemampuannya di bidang MC yang saat ini banyak dibutuhkan di berbagai event, dengan tajuk Pelatihan MC Formal dan Keprotokolan Setda Kabupaten Jember.

Menurut Kabag Prokopim Lia Dani Safitri, acara yang kali pertama diinisiasi ini adalah bentuk partisipasi Prokopim Jember dalam mendorong peningkatan kualitas sumber daya bidang profesi MC dan keprotokolan.

“Jadi pembawa acara itu tidak mudah lho. Karena itu kami ingin mengenalkan kepada anak-anak muda tentang lika-liku dunia MC serta menambah wawasan mereka juga, sehingga hari ini kami memberikan pelatihan,” ujar Lia Senin (28/11).

Lebih lanjut, Lia Dani Safitri menyampaikan harapannya agar event pelatihan yang digelar ini, dapat melahirkan bibit-bibit baru pelaku MC dan profesi keprotokolan di Jember.

“Tidak menutup kemungkinan juga, kami membuka peluang bagi peserta yang berbakat untuk dapat bekerja sebagai bagian dari Prokopim Jember,” katanya.

Acara yang dibuka oleh Bupati Jember H. Hendy Siswanto ini diikuti oleh 400 peserta lebih, peserta terdiri dari para pelajar dan anak-anak muda yang mempunyai bakat dan minat pada dunia MC.

Kepada para peserta itu, Bupati Hendy menjelaskan pentingnya skill public speaking dan penanaman sikap disiplin bagi anak muda. Tentunya hal ini perlu digembleng melalui banyak cara, termasuk pelatihan semacam ini yang dibimbing langsung oleh praktisi MC dan Protokol profesional.

“Sklill public speaking itu sangat penting, tanpa belajar, orang tidak akan bisa menjadi MC, selain itu, menjadi MC bisa mengukur kepribadian pada diri seseorang, sehingga perlu adanya pelatihan dan bimbingan semacam ini,” pungkas Bupati.

(Aminudin Azis)

(Aminuddin Aziz)