Sukabumi, Aktual.com – Gempa bumi berkekuatan 5,1 skala Richter (SR) kembali mengguncang Sukabumi, Jawa Barat pusatnya di Kota Sukabumi, namun tidak membuat panik masyarakat.

“Gempa memang terasa, tetapi getarannya pelan dan hanya beberapa detik saja,” kata warga Jalan Ciaul Pasir, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi M Andries, di Sukabumi, Jumat (16/2).

Sama halnya dengan warga Benteng, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi Ruslih Bramanton yang menyebutkan saat gempa tersebut terjadi dirinya tengah nonton televisi bersama anak-anaknya. Tiba-tiba lampu bergoyang dan dengan spontan ia langsung keluar rumah.

“Saya langsung menggendong anak yang masih balita dan membawanya keluar rumah. Tapi getaran gempa itu tidak besar, namun karena trauma dengan sering terjadi gempa sehingga saya spontan berlari keluar rumah,” katanya lagi.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan sekitar pukul 20.28 WIB terjadi gempa bumi berkekuatan 5,1 SR yang berlokasi di 7.89 derajat Lintang Selatan, 106.47 derajat Bujur Timur, 118 km barat daya Kota Sukabumi dengan kedalaman pusat gempa 10 km.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik kota maupun Kabupaten Sukabumi.

ANT