Kondisi Bangunan yang Rusak di Turki Pasca Gempa 5,9 SR yang Terjadi Pada 23 November lalu (Anadolu Agency)

Istanbul, aktual.com – Gempa kuat mengguncang provinsi Duzce, barat laut Turkiye pada Rabu (23/11) pagi. Badan Penanggulangan Bencana dan Keadaan Darurat (AFAD) di Turki menyatakan guncangan tersebut menyebabkan 46 orang terluka di berbagai wilayah, termasuk di Istanbul.

Sebanyak 37 orang terluka di Duzce, tempat pusat gempa berada. Sementara korban lainnya berada di provinsi Istanbul, Sakarya, Bolu, dan Zonguldak.

Dilansir dari Anadolu Agency, Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu, yang tiba di Duzce segera setelah gempa, mengatakan sejauh ini tidak ada korban jiwa. AFAD mengatakan gempa berkekuatan 5,9 skala Richter yang berpusat di Distrik Golyaka terjadi pada pukul 04.08 pagi (01.08 GMT).

Gempa tersebut terjadi pada kedalaman 6,81 kilometer. Guncangan juga dirasakan di Istanbul dan provinsi lain, termasuk Bolu, Sakarya, Kocaeli, Bursa, Bilecik, dan Izmir dan Kutahya, serta ibu kota Ankara.

AFAD mengumumkan total 74 gempa susulan dirasakan setelah gempa dan pemadaman listrik diberlakukan di wilayah tersebut untuk tindakan antisipasi. Gubernur Duzce Cevdet Atay mengumumkan bahwa sekolah akan diliburkan pada Rabu karena gempa.

Data terbaru menyebutkan 68 orang mengalami luka-luka dalam gempa tersebut. Menteri Kesehatan (Menkes) Turki Fahrettin Koca menjelaskan ada 26 orang yang dirawat di rumah sakit.

Pada tahun 1999, provinsi Duzce dilanda gempa berkekuatan 7,2 yang berlangsung selama 30 detik, menewaskan 710 orang dan melukai 2.679 lainnya.

(Megel Jekson)