Denpasar, Aktual.com – Gempa tektonik berkekuatan 5,8 Skala Richter yang terjadi Selasa pukul 08.18 Wita di selatan Jawa-Bali-Nusa Tenggara menyebabkan kerusakan 24 bangunan di beberapa kabupaten/kota di Bali menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

“Berdasarkan hasil koordinasi dengan BPBD Kabupaten/Kota se-Bali via radio dan telepon, update hingga pukul 11.40 Wita, ada 24 bangunan yang dilaporkan mengalami kerusakan,” kata Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali I Made Rentin di Denpasar, Selasa.

Ia mengatakan bahwa gempa Selasa pagi dirasakan di sembilan kabupaten/kota di Bali. Gempa itu, menurut data BPBD, menimbulkan kerusakan bangunan di Kabupaten Badung, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Buleleng, dan Kota Denpasar.

Kerusakan paling banyak dilaporkan terjadi di Kabupaten Badung, tempat 20 bangunan dilaporkan rusak akibat gempa.

Bangunan yang rusak akibat gempa di Badung antara lain Gapura ITDC Nusa Dua, SD Negeri 1 Ungasan, Kantor Camat Kuta, SD 11 Jimbaran, Hotel Mercure Nusa Dua, Alfamart di Jalan Bali Cliff No 48 Ungasan, SMPN 5 Kuta Selatan, SMPN 2 Ungasan, SMP Negeri 2 Kuta Selatan, dan Kantor Camat Kuta Selatan.

(Abdul Hamid)