Jakarta, Aktual.co —Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon membantah Gerakan Masyarakat Jakarta (GMJ) telah melakukan koordinasi dengan Partai Gerindra untuk rencana aksi besar-besaran menolak pelantikan Plt Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada 10 November nanti.
Meski mengakui kalau sejumlah perwakilan GMJ memang sempat menemuinya, namun ditegaskannya kalau Gerindra tidak terlibat untuk berupaya mempolitisir demo besar-besaran itu.
“Bukan kordinasi memang mereka datang menyampaikan rencana aksi itu. Kita enggak ikut-ikut. Yang paling penting demo tidak menyalahi aturan, tertib saja,” kata Fadli Zon, di Jakarta, Selasa (4/11) kemarin.
Saat ditanya tentang sikapnya mengenai rencana demo GMJ tersebut, Fadli menganggap demo penolakan Ahok itu sah-sah saja. Dia hanya menyarankan agar demo bisa berlangsung tertib.
“Intinya tertib aja damai dan tidak menyalahi aturan. Sah saja dong itu kan hak warga untuk demonstrasi dan berunjukrasa.”
Diberitakan sebelumnya, 12 ulama dari GMJ menemui Fadli di Gedung DPR pada 28 October 2014 . Mereka menyampaikan sikap menolak pelantikan Ahok jadi Gubernur DKI definitif. 
Koordinator GMJ KH Fakhrurrozi Ishaq mengatakan belasan ulama itu merupakan perwakilan dari Forum Umat Islam (FUI), Front Pembela Islam (FPI), Front Betawi Rempuk (FBR), Gerakan Reformasi Islam, Dewan Dakwah Islamiyah, dan kelompok Majelis Taklim di Jakarta.

()