Jakarta, Aktual.com – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo pada hari ini, Rabu (4/1) menetapkan 26 pemimpin baru BI yang terdiri dari tujuh orang pemimpin satuan kerja (satker) di kantor pusat, 18 pemimpin kantor perwakilan, serta satu staf ahli dewan gubernur.

Penetapan pemimpin baru di BI merupakan elemen transformasi organisasi dan sumber daya manusia yang dilakukan secara konsisten untuk memperkuat efektivitas organisasi dan pelaksanaan tugas BI.

Dalam kesempatan tersebut, seperti dikutip dari keterangan resmi di Jakarta, Rabu, Perry menyampaikan dua kunci kekuatan kelembagaan, yakni kekuatan kepemimpinan atau sumber daya manusia serta teknologi yang meliputi teknologi informatika (TI) dan digitalisasi.
Untuk mewujudkannya, para Pemimpin di BI perlu mengasah kepemimpinan dan memiliki pandangan strategis ke depan (strategic foresight). Seluruh jajaran pimpinan perlu menghadapi setiap dinamika yang terjadi di tahun ini, termasuk mengoptimalkan arah kebijakan BI untuk stabilitas dan pertumbuhan.

Adapun 26 pemimpin baru yang dilantik antara lain Dicky Kartikoyono dari sebelumnya menjabat Kepala Departemen Manajemen Strategis dan Tata Kelola menjadi Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran, Doddy Zulverdi dari sebelumnya menjabat Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumatera Utara menjadi Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Timur, dan Endang Trianti dari sebelumnya menjabat Kepala Departemen Pengelolaan Sistem Informasi menjadi Kepala Departemen Pengembangan Inovasi Digital.

Kemudian, Budi Hanoto dari sebelumnya menjabat Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Jawa Timur menjadi Kepala Departemen Manajemen Strategis Dan Tata Kelola, Erwin Gunawan Hutapea dari sebelumnya menjabat Kepala Grup Departemen Pengelolaan Moneter menjadi Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Barat, serta Wahyu Pratomo, sebelumnya menjabat Pelaksana tugas (Plt) Kepala Perwakilan BI Provinsi Kalimantan Selatan menjadi Kepala Perwakilan BI Provinsi Kalimantan Selatan.

Arlyana Abubakar dari sebelumnya menjabat Plt. Kepala Perwakilan BI Provinsi DKI Jakarta menjadi Kepala Perwakilan BI Provinsi DKI Jakarta, Pribadi Santoso dari sebelumnya menjabat Kepala Departemen Keuangan menjadi Staf Ahli Dewan Gubernur Departemen Manajemen Strategis dan Tata Kelola, serta Diah Rosdiana dari sebelumnya menjabat Kepala Grup Departemen Pengelolaan Sistem informasi menjadi Plt. Kepala Departemen Inovasi dan Digitalisasi Data.
Selanjutnya, Gede Putu Wira K dari sebelumnya menjabat Kepala Grup Departemen Kebijakan Ekonomi Moneter menjadi Plt. Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumatera Utara, Rahmatullah dari sebelumnya menjabat Plt. Kepala Departemen Pengelolaan Devisa menjadi Kepala Departemen Pengelolaan Devisa, serta Ferry Tampubolon dari sebelumnya menjabat Kepala Grup Departemen Audit Internal menjadi Kepala Departemen Keuangan.

Lalu, Retno Ponco Windarti dari sebelumnya menjabat Kepala Grup Kebijakan Sistem Pembayaran menjadi Kepala Departemen Layanan Digital Dan Keamanan Siber, Endang Kurnia Saputra dari sebelumnya menjabat Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi DKI Jakarta menjadi Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumatera Barat, serta Suryono dari sebelumnya menjabat Kepala Grup Departemen Regional menjadi Kepala Perwakilan BI Provinsi Kepulauan Riau.

(Warto'i)