Jakarta, Aktual.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menaikkan dana hibah untuk guru honorer swasta dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pada 2022 menjadi Rp538,9 miliar atau naik 10 persen dibandingkan 2021 sebesar Rp489,9 miliar.

“Pemprov DKI Jakarta dan Dinas Pendidikan DKI Jakarta terus berupaya meningkatkan kesejahteraan guru khususnya guru honorer swasta dengan memberikan dana hibah secara konsisten sejak 2018,” kata Anies melalui akun instagram @aniesbaswedan di Jakarta, Jumat (18/3).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengharapkan melalui dana hibah tersebut dapat menyejahterakan dan memotivasi tenaga pendidik untuk berupaya meningkatkan kompetensi dalam mengajar, sehingga dapat melahirkan generasi penerus bangsa.

Anies yang hadir dalam Konferensi Kerja Provinsi II Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) DKI Jakarta itu mengatakan guru memegang peranan yang penting dan strategis dalam melaksanakan sistem pendidikan.

Menurut dia, PGRI beserta seluruh anggotanya perlu terus mengembangkan diri agar bisa menjadi guru yang mampu menghasilkan sumber daya manusia yang lebih berkualitas, dalam mendukung program Pemprov DKI, Pendidikan Tuntas Berkualitas.

Di sisi lain, ia mengharapkan PGRI DKI Jakarta, sebagai organisasi profesi, perjuangan, dan ketenagakerjaan, pergerakannya menjadi inspirasi bagi pergerakan PGRI di berbagai seluruh Indonesia.

“Insya Allah Jakarta dapat menjadi pelopor daerah lain di Tanah Air dalam mengatasi permasalahan di sektor pendidikan, sehingga secara bersama-sama memajukan pendidikan Indonesia,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, PGRI Jakarta memberikan Anugerah Dwija Praja Nugraha yang diberikan kepada Pemprov DKI dalam pembangunan pendidikan.

“Bagi kami, anugerah tersebut adalah anugerah yang diberikan kepada masyarakat Jakarta yang telah bahu membahu untuk mencapai satu misi yaitu dalam mewujudkan masyarakat Jakarta yang sejahtera lahir dan batin,” ucap Anies.

(Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)