Jakarta, Aktual.co —Pemprov DKI Jakarta berencana membuat taman terpadu di wilayah Jakarta yang selesai pada bulan Maret tahun 2015.
Plt Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menjelaskan yang dimaksud taman terpadu adalah taman yang ramah anak dan lansia.
Untuk pendanaan pembangunannya akan diambil dari coorporate social responsibility (CSR) perusahaan. “Soal taman terpadu, terus ada rusunawa terpadu. Taman terpadu itu yang ramah anak dan ramah lansia. Nanti Maret akan selesai enam taman hasil CSR, dan akan kita jadikan standar CSR itu di APBD kita,” ujar Ahok di Balai Kota, Senin (10/11).
Di taman tersebut, Ahok berencana akan membangun PAUD, perpustakaan, Posyandu hingga pelatihan produk kreatif yang akan digerakkan oleh PKK.
“Lalu ada PAUD dan ada perpustakaan dan Posyandu serta pelatihan produk kreatif yang akan diserahkan ke PKK. Jadi gak mau banyak perlombaan PKK yang gak jelas,” ujarnya.
Ia mengharapkan agar taman terpadu dapat dibangun di setiap RW di Jakarta sebagai tempat rekreasi bagi warga, terutama warga yang tinggal di lingkungan padat.
“Nanti harapan saya di RW ada taman. Makanya di jalan-jalan kampung harus ada ruang terbuka biar ada tempat mainnya biar gak sumpek,” tambahnya.
Sebagai informasi, Ketua Tim Penggerak PKK DKI Jakarta Veronica Tan telah membicarakan sebelumnya mengenai pembangunan taman terpadu sebanyak enam taman yang merupakan corporate social responsibility (CSR) PT Pembangunan Jaya Ancol.
Luas taman tersebut adalah 1.500-4.000 meter persegi dan statusnya sudah bebas dan sedang dalam tahap pembangunan. Enam taman tersebut terletak di Sungai Bambu, Tanjung Priok, Jakarta Utara; Gandaria Selatan, Jakarta Selatan; Cideng, Jakarta Pusat; Cililitan, Jakarta Timur; Kembangan, Jakarta Selatan, dan Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu.

()